Skip navigation

Masih berhubungan dengan artikel yg diposting tempo hari pada category yang sama. Negara maju sudah memulai, mudah-mudah diikuti oleh negara-negara lainnya, dalam rangka cinta dunia🙂

Kantong Plastik Dilarang di Toko-toko Los Angeles

Rita Uli Hutapea – detikNews
Los Angeles – Pemerintah kota Los Angeles, AS, akan melarang semua kantung plastik dari toko-toko mulai 1 Juli 2010. Pengumuman ini disampaikan menyusul aturan anti-polusi serupa yang telah diberlakukan di kota AS lainnya, San Francisco.

Mulai 1 Juli 2010 mendatang, semua pembeli di toko-toko harus menyediakan tas mereka sendiri untuk barang belanjaan. Atau mereka bisa membeli kantong yang terbuat dari kertas atau bahan-bahan lain yang bisa didaur ulang dari toko tersebut.

Demikian pengumuman Dewan Kota Los Angeles dalam aturan baru yang akan diberlakukan di kota terbesar kedua di AS setelah New York itu seperti diberitakan AFP, Rabu (23/7/2008). Los Angeles berpenduduk sekitar 4 juta jiwa.

Larangan kantung plastik ini dimaksudkan untuk mengatasi masalah 2,3 miliar kantong plastik yang tersebar setiap tahun. Kantong plastik itu telah mengotori tempat-tempat pembuangan sampah untuk waktu yang lama.

San Francisco, 600 kilometer sebelah utara Los Angeles pada tahun 2007 menjadi kota pertama di AS yang menerapkan larangan kantong plastik dari toko-toko. San Francisco dan Los Angeles sama-sama terletak di negara bagian California.

Aturan kedua kota itu dimaksudkan untuk mendesak para pembuat hukum di California yang sedang mempertimbangkan RUU untuk menghapuskan kantong plastik di seluruh negara bagian tersebut mulai 2012 mendatang.

Beberapa negara di dunia juga telah mengadopsi larangan kantong plastik.(ita/ana)

3 Comments

  1. PLASTIK itu sampah paling susah dimusnahkan,right?



    secara alami sulit, karena plastik termasuk bahan anorganik yang sulit untuk diurai oleh bakteri pengurai

  2. beberapa jenis plastik bahkan jadi racun,tapi kita gak ngerasa aja akibatnya.

  3. ada plastik terbaru yang degradable, terbuat dari campuran plastik sintentis dan tapioka…ini akan memancing microorganisme untuk memakan/menguraikannya…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: