Skip navigation

「頭いいだけじゃ足りない、頑張らないと。。」Atama ii dake ja tarinai, ganbaranaito…suatu hari si Aki (sebutan saya dan teman2 kepada yang punya perusahaan dimana kami arubaito, yang memang udah aki-aki🙂 ) pernah bilang begitu pada suatu perckapan (namanya sebetulnya Sano san). Artinya kurang lebih, pinter saja gak cukup, kamu harus kerja keras. Kata-kata si Aki ini terus terngiang-ngiang sampai sekarang, padahal percakapan itu terjadi sekitar 7 tahun yang lalu:).

Dipikir-pikir, bener juga kata si Aki. Kalau kita liat orang-orang suksespun mereka adalah tipe-tipe orang pekerja keras, kepintaran boleh jadi hanya nomer kesekian. Denger2 lim siu liong pun hanya tamatan SD:) tapi dia bisa sukses, konon katanya memang dia adalah pekerja keras di waktu masa mudanya . Kata-kata si Aki adalah cerminan tipikal orang jepang, yang punya sifat pekerja keras itu. Semua orang juga pada tau bagaimana etos kerja orang jepang, ada orang malah menyebut orang jepang adalah orang yang gila kerja. Mungkin gak salah-salah amat, karena pada kenyataannya memang begitu.

Masih ingat Koichi Tanaka, orang japanf peraih Nobel di bidang kima itu? Dia yang hanya lulusan S1 jurusan kimia salah satu universitas negeri, mengalahkan kandidat-kandidat lainnya yang kebanyakan para lulusan S3 dan profesosor dari berbagai negara. Tanaka, salah satu contoh orang yang ulet dan pekerja keras yang memberi pelajaran kepada kita betapa pentingnya untuk ulet dan menjadi pekerja keras.

Kata orang bijak, berikan pekerjaan kepada orang sibuk, dijamin akan selesai, karena dia bisa memanfaatkan waktu di sela-sela kesibukannya itu, artinya dia bisa mengatur waktu. Orang jepang juga terkenal kibishii (ketat) dalam masalah waktu. Terus apa hubungannya orang sibuk dengan pekerja keras? Apakah para pekerja keras adalah orang yang sibuk? jawabannya mungkin. Walau yang jelas adalah : para pekerja keras adalah orang yang serius dalam bekerja dan selalu memanfaatkan waktunya untuk hal-hal yang berguna dalam rangka mencapai hal-hal yang dicita-citakannya.

So, mungkinkah orang seperti ini orang yang berleha-leha?

 

harus ulet dan jadi pekerja keras

dan tidak harus jadi ulet pekerja keras 🙂

One Comment

  1. bener tuh, pinter tapi pemalas bakalan jadi penipu.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: