Skip navigation

Dari detik.com

http://www.detiknews.com/indexfr.php?url=http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2008/bulan/06/tgl/22/time/115027/idnews/960376/idkanal/10

Jakarta – Mengajak orang berhenti merokok memang susah. Tapi bagaimana jika diiming-imingi duit? Inilah yang terjadi di Kota Dundee, Skotlandia.

Dinas kesehata kota itu akan memberi 25 dolar Australia atau sekitar Rp 220.900 ribu/minggu bagi warganya yang miskin, untuk membeli makanan segar. Namun syaratnya, mereka harus stop merokok.

Untuk mengetahui bahwa orang itu benar telah berhenti merokok, maka dia harus menjalani tes mingguan untuk membuktikan bahwa kebiasaan merokok mereka tidak kambuh lagi.

Amanda Sandford dari kelompok kampanye anti-merokok mendukung kebijakan itu. “Saya rasa ini akan sangat membantu mereka yang kurang beruntung, yang sangat ingin berhenti merokok,” ujarnya seperti dilaporkan BBC dan dilansir media Australia, abc.net.au, Minggu (22/6/2008).

Uang 25 dolar untuk membeli makanan sehat tentu sangat berharga bagi kaum miskin, di tengah melangitnya harga-harga di pasaran.

“Jadi saya rasa kebijakan memberi hadiah untuk berhenti merokok, saya rasa akan sukses,” ujarnya.

Mungkin nggak ya diterapkan di Indonesia, negeri surga bagi perokok?

( nrl / irw ) <!–

–>

2 Comments

  1. kayaknya susah deh kalo diterpin disini,perokoknya bakalan coba-coba bagi duit sama oknum kesehatan. laporannya sih berenti tapi merokoknya gak hilang,bahkan nambah karena dapat duit dari penyelewengan dari program konpensasi ini.

    yah mungkin belum bisa untuk diterapkan di Indonesia. Dari tulisan ini kita bisa melihat betapa pentingnya menjaga kesehatan lingkungan dan diri, sampai2 pemerintah skotlandia “berkorban” spt itu. Di kita masih jauh kalee🙂

  2. Menarik juga ya idenya … cuma kalau diIndonesia … jatah hadiahnya sudah dipacuk koruptor duluan, yang tinggal cuma dana buat janda dan anak telantar, tega gak buat hadiah bagi perokok yang mau berenti

    Ada satu ide yang mungkin bisa jadi solusi bagi perokok pasif dan aktif. Yaitu rokok yang menyehatkan. Bisa diklik nama saya … mudah-mudahan … hatur nuhun


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: