Skip navigation

Arubaito (アルバイト)konon berasal dari bahasa jerman (arbeit) yang artinya bekerja. Oran Jepang menyebut arubaito untuk suatau pekerjaan yang sifatnya sampingan atau di kita biasa disebut part timer. Hampir semua orang jepang dewasa bisa dikatakan pernah melakukan arubaito ini. Terutama biasanya pas masa-masa SMA ataupun masa kuliah diperguruan tinggi. Ada kelebihan dan kekurangannya kerja arubaito ini. Kelebihannya : relatif tidak terlalu terikat dan sedikit longgar dibandingkan pekerja biasa, jam kerja biasanya masih bisa tawar menawar. Kekurangannya, para arubaito’ers ini tidak dapat hak sebagaimana sebagaimana pekerja biasa, contohnya : tidak ada tunjangan asuransi atau upahnya lebih murah dll.

baca lanjutannya disini

maaf atas ketidaknyamanan ini

2 Comments

  1. saya berencana ke Jepang, kira-kira kalau kuliah sambil partime tertutupi ga biaya kuliahnya, saya jurusan bahasa Jepang
    Arigatou


    kalau melihat pengalaman sendiri dan teman, biaya kuliah bisa tertutupi dengan baito saja dengan catatan jam arubaito nya harus panjang, minimal sehari 6 jam. Tapi kalau memang sudah diterima di perguruan tinggi, ada peluang untuk dapat beasiswa plus terbuka juga untuk dapat keringanan bayar sekolah, bahkan spp bisa gratis. Jadi arubaito perlu untuk biaya hidup saja, apalagi kalo beasiswa yg didapat beasiswa yg cukup besar, jadi tidak perlu baito dan bisa full konsen ke belajar:)

  2. apa pekerjaan sebagai pengajar bahasa Indonesia banyak disana?


    dibilang banyak sih nggak ya, tapi biasanya di setiap daerah suka ada semacam kokusai kouryou centre (international exchange center), biasanya info2 ttg ngajar, jadi penerjemah dll sering ada. Sering2 aja nongol atau aktif di situ.


2 Trackbacks/Pingbacks

  1. […] Part timer = Arubaito […]

  2. […] siang mulai jam 13.00-15.30. Di sela-sela jam kelas bahasa, anda bisa memenfaatkan waktu untuk arubaito*. Panghasilan dari arubaito ini yang dijadikan sebagai pengganti beasiswa untuk biaya hidup (sewa […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: