Skip navigation

Seperti yang saya tulis di postingan sebelum ini, studi merupakan tujuan yang paling valid yang bisa dijadikan alasan untuk bisa datang di jepang. Tidak bisa dipungkiri bahwa Jepang merupakan salah satu dari beberapa negara maju yang menjadi negara tujuan untuk studi orang-orang Indonesia. Ada tulisan bagus dari Pak Arief (beliau lulusan S1, S2 dan S3 jepang) yang mengulas panjang mengenai seluk-beluk studi di Jepang dengan berbagai kekurangan dan kelabihannya ( bag ke 1 dan bag ke 2). Informasi yang sangat bermanfaat bagi anda yang berniat untuk studi di Jepang.

Terus, saya ingin studi di jepang, pertama-tama apa yang harus saya lakukan?

Pertama, cari informasi sebanyak-banyaknya tentang beasiswa. Anda bisa googling di internet, anda akan menemukan sangat banyak site bermanfaat yang bisa menambah informasi tentang beasiswa ini. Salah satunya beasiswa monbukagakusho (dulu monbusho/depdikbud) : http://www.id.emb-japan.go.jp/sch.html. Apabila ada kesempatan, mampir ke kedutaan/konsulat jepang terdekat dari kota anda. Anda bisa mendapatkan banyak informasi tentang studi di jepang beserta beasiswa-beasiswa apa saja yang bisa di-apply.

Kedua, ikuti milis-milis seperti milis PPI-jepang. Anda bisa berdiskusi dan meminta saran-saran dari teman-teman yang sedang studi di jepang, InsyaAllah mereka akan dengan senang hati memeberikan saran-saran dan info yang banyak tentang beasiswa, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan studi di jepang.

Ketiga, bagi yang ingin melanjutkan studi ke jenjang S2, mempersiapkan tema penelitian dan membuat propsal penelitiannya. Mengenai hal ini mungkin perlu pembahasan secara khusus, termasuk tips dan triknya. Mas Anto (beliau juga lulusan S1, S2 dan S3 Jepang) pernah mengupas secara detail bagaimana mempersiapkan propsal penelitian yang baik. Silakan diklik disini untuk detailnya.

Keempat, berdoa banyak-banyak;)

Saya sudah coba kang, sulit dapat beasiswa, bagaimanapun saya ingin studi di jepang, nggak ada cara lain?

Mungkin ada diantara anda yang bertanya seperti ini.

Jawaban saya : ADA!! *-:)

One Comment

  1. berapa biaya kalo saya ingin kuliah di jepang tanpa beasiswa?

    hitungan kasar, pernah saya tulis dihttps://mypersonalpages.wordpress.com/2008/05/31/prolog/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: