Skip navigation

Kemaren hari sabtu, dapat selebaran dari kotak pos di lantai bawah. Pas dilihat, ternyata sekedar selebaran pemberitahuan. Tapi pas dibaca seksama, bagi saya selebaran ini sangat menarik. Begini terjemahan bebasnya kurang lebih :

Di supermarket dan depertemen store dalam kota,

Mulai tanggal 30 bulan Juni, pembagian kantong plastik/ keresek secara gratis di kasir akan dihentikan.

*silakan liat daftar supermarket dan departemen store-nya di lampiran belakang

Apabila dikonversi ke bahan bakar, satu lembar kantong plastik yang dibagikan di kasir akan setara dengan 1 cup kecil ( 20 ml) bahan bakar.

Dan apabila dihitung 1 tahun pemakaian untuk seluruh Jepang, sekitar 20 Milyar 500 juta lembar kantong plastik akan setar adengan 3 juta drum ukuran 200 liter!!.

dst dst..

Wow, angka yang sangat besar….

Terus apa yang menarik?

Bagi saya yang menariknya adalah, pemberitahuan ini datangnya dari pemerintahan kota yang isinya merupakan ajakan untuk mendukung program kampanye pemerintah dalam rangka pengurangan pemakaian bahan-bahan yang terbuat dari plastik dan menggantikannya dengan bahan-bahan lain yang lebih ramah lingkungan.

Mungkin semua sudah faham, plastik adalah bahan anorganik yang tidak bisa didaur ulang oleh alam. Pamakian plastik dalam jumlah besar untuk kebutuhan sehari-hari hanya akan menambah tumpukan sampah yang sulit diurai oleh bakteri-bakteri pengurai. Negara-negara maju termasuk negara-negara di eropa sudah mulai mengkampanyekan untuk mengurangi pemakain plastik dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai gantinya, di selabaran tersebut juga diesbutkan himbauan untuk mempersiapkan “mybag”, sehingga tidak perlu membeli lagi tas atau kantong dan sejenisnya tatkala berbelanja, cukup dengan “mybag” yang dibawa dari rumah.

Memang memikirkan bagamana masa depan bumi kita nanti adalah tanggung jawab semua. Tanggung jawab semua orang yang ada di muka bumi. Pemerintah bertanggung jawab mengeluarkan regulasi dan aturan-aturan yang mendukung terciptanya suasana kondusif dalam pemakaian barang-barang ramah lingkungan, dan masyarakat dengan kesadaran penuh untuk kebaikan masa depan bumi dan umat manusia, melaksanakan setiap aturan-aturan tersebut dengan senang hati dan suka rela.

Imbang…..

One Trackback/Pingback

  1. […] am | In Bumi Kita | Tags: green, plastic, ramah lingkungan, save the world Masih berhubungan dengan artikel yg diposting tempo hari pada category yang sama. Negara maju sudah memulai, mudah-mudah diikuti oleh negara-negara lainnya, […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: