Skip navigation

Sudah lama sebetulnya ingn membuat tulisan mengenai pengalaman pribadi yang ada hubungannya dengan hal-hal mengenai kedatangan di jepang. Ini dikarenakan ada beberapa kali permintaan mengenai penjelasan bagaimana cara datang ke jepang dari rekan-rekan, trik-trik beserta tipsnya, bagaimana peluang belajar di jepang dengan beasiswanya dan lain-lainya. Mudah-mudah lancar, inysaAllah akan ditulis dalam beberapa tulisan. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan pencerahan.

Untuk bisa datang ke Jepang harus ada alasan dan tujuan. Pihak imigrasi jepang terkenal ketat dan selektif dalam memberikan visa kepada orang asing yang hendak masuk ke Japang. Hanya karena anda menyukai film doraemon atau kureyon shinchan tidak akan bisa menjadikan anda dengan mudah masuk ke Jepang:) .

Alasan yang paling mudah dan valid untuk datang ke Jepang adalah sebagai pelajar atau sebagai pekerja. Akan tetapi untuk bisa datang ke Jepang sebagai pelajar, anda membutuhkan support financial yang tidak sedikit. Anda membutuhkan biaya untuk sekolah selama 1 tahun (2 semester) sekitar ¥540.000 (sekitar Rp 46 Juta, asumsi 1 yen = 85 rupiah). Kalau anda mengambil jenjang S1 tinggal kalikan 4 (4 tahun), atau 2 tahun untuk master, atau 3 tahun untuk doctoral degree. Itu untuk biaya sekolah aja lho dan belum termasuk biaya pendaftaran dan tektek bengek lainnya. Belum biaya sewa apartemen, bayar listrik, gas, air, belum biaya makan, atau biaya jalan-jalan dan beli alat elektronik di akihabara:) . Dan itung-itungan yang barusan adalah untuk perguruan tinggi negeri, untuk swasta bisa 2 kali lipat, nah lho!!!

Tapi jangan khawatir, silakan baca trik-trik saya untuk mensiasati itu semua, penjelasan bagaimana cara datang ke jepang sebagai pelajar atau sebagai pekerja.
Seperti disebutkan diatas, cara yang lain adalah datang sebagai perkerja. Akan tetapi anda tidak bisa datang begitu saja ke jepang terus anda bisa bekerja (untuk yang legal). Anda harus mengantongi visa kerja untuk bisa bekerja di Jepang.

Untuk bisa mendapatkan visa kerja anda membutuhkan sponsor dari perusahan yang ada di jepang atau paerusahaan asing yang beroperasi di jepang. Perusahaan tersebut memberikan jaminan dan surat pengantar kepada anda dan kemudian diserahkan ke kedutaan jepang di jakarta untuk mengajukan visa kerja. Akan tetapi permasalahannya akan sangat sulit untuk anda melamar pekerjaan ke perusahaan-perusahaan Jepang, sementara anda sendiri berada di Indonesia atau luar Jepang. Dari beberapa pengalaman, teman-teman yang bekerja di Jepang, mereka adalah para lulusan sekolah jepang, dan melamar kerja di Jepang.

2 Comments

  1. itung2an kasarnya untuk biaya hidup disana 1 tahun kira2 berapa ya?



    silakan refer ke sini saja ya : http://asnugroho.wordpress.com/2007/01/13/biaya-hidup-di-jepang/
    mas Anto dah panjang lebar membahas tentang ini

  2. ada ga lembaga khusus yang bantu membrangkatkan pelajar Indonesia untuk studi ke Jepang?


    kalau untuk sekolah bahasa, mungkin bisa banyak bertanya ke teman2 kita yang sedang belajar sastra jepang di berbagai perguruan tinggi, informasi semacam ini banyak beredar di mereka. untuk yang langsung sekolah di universitas dengan beasiswa, tentunya hal-hal yang menyangkut ke pergian hingga sampai di jepang akan dikelola oleh di penyelenggara beasiswa tersebut


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: