Skip navigation

Berikut ini sedikit tutorial bagaimana cara install wordpress. Tentunya ini ditujukan buat yang baru kenal ama yang ngamanya wordpress (ada gak ya?..he..he.). Buat yang udah pro di bidang per-wordpress-an, info ini nggak penting banget mungkin, jadi dilewat aja..:).

Sambil nginget2, saya juga masih dalam tahap belajar soalnya.

Ok, langsung aja.

WordPress sebagaimana situs penyedia blog lainnya, bisa dipakai apa adanya (domain http://xxxxx.wordpress.com) dan tidak berbayar alias free. Tapi untuk bisa mendapat fungsi2 yang optimal dari wordpress (edit theme, masukin adsense, ganti2 templete dengan berbagia variasi dll), wordpress harus di host ke satu webhost. Untuk tahap belajar, kita pake aja webhost yang gratisan. Saya menganjurkan OOOwebhost.com. disamping gak ada embel2 iklan diwebsite yang kita buat nanti, saya rasa loading aksesnya cepat, untuk kelas yang gratisan.

Ada dua cara untuk mengistall wordpress : cara manual dan cara otomatis. Secara singkat akan saya uraikan di tulisan ini cara manual, untuk yang cara otomatis, inysaAllah di tulisan berikutnya.

1. Buat database

-Buka account di webhost gratisan yang barusan saya tunjukkan OOOwebhost.com. Buat nama domain sesuka anda. Saya kasih contoh saya pilih nama “latihan”. Dan hasilnya seperti terlihat di screenshoot dibawah.

- Setelah login anda akan mendapatkan menu seperti ini :

klik menu Go to CPanel

- Masuk ke menu berikutnya, dan klik menu MySQL

- Buat database baru di menu MySQL ini untuk penyimpanan data worpress nantinya. Beri nama sesuka anda pada kolom isian beserta passwordnya (password sama dengan passowrd login juga tidak masalah). Saya beri nama “dudung” untuk latihan ini (maaf yang namanya dudung he..he.., ini penghargaan saya untuk teman lama saya dudung yang dah lama gak ketemu….:)

Setelah diklik create database akan muncul menu konfirmasi spt ini :

anda pun akan mendapatkan informasi ini lewat email yang diset pas pertama buat account. Data ini diperlukan pada saat install wordpress.

2. Install WordPress.

- Download wordpress versi terbaru di http://www.wordpress.org dan biarkan begitu adanya tidak usah di decompress (extension filenya zip)

-Kembali lagi ke Cpanel (lihat langkah pembuatan database, tahap yang kedua), pilih menu “FIle Manager”. anda akan diminta memasukan password. Masukan passwordnya, pasword sama dengan password login anda (kalau lupa, semua info password dll ada di email konfirmasi yang and set).

-Masuk ke folder Public_html dengan mengkliknya. Kemudian klik menu upload.

-Upload file wordpress yang baru didownload barusan di folder public html ini dengan memakai menu upload sebelah kanan (upload untuk file2 compressed)

-Setelah beres upload, buka file wp-config-sample.php (ada di folder public_html) dan edit dengan menggunakan text editor (notepad atau worpad)

Yang harus anda edit adalah content yg ini :

———————————————————

<?php
// ** MySQL settings ** //
define(‘DB_NAME’, ‘putyourdbnamehere’); // The name of the database
define(‘DB_USER’, ‘usernamehere’); // Your MySQL username
define(‘DB_PASSWORD’, ‘yourpasswordhere’); // …and password
define(‘DB_HOST’, ‘localhost’); // 99% chance you won’t need to change this value
define(‘DB_CHARSET’, ‘utf8′);
define(‘DB_COLLATE’, ”);

———————————————————

lihat lagi info database yang baru anda buat tadi, sebagai latihan, apabila memakai database yang saya buat spt diatas, isiannya akan jadi begini

<?php
// ** MySQL settings ** //
define(‘DB_NAME’, ‘a3421287_dudung’); // The name of the database
define(‘DB_USER’, ‘a3421287_dudung’); // Your MySQL username
define(‘DB_PASSWORD’, ‘dudung2′); // …and password
define(‘DB_HOST’, ”mysql2.000webhost.com’); // 99% chance you won’t need to change this value
define(‘DB_CHARSET’, ‘utf8′);
define(‘DB_COLLATE’, ”);

-Setelah selesai editing, save as nama file menjadi wp-config.php (jangan lupa untuk menyertakan extension .php!)

-Ketikan http://latihan.net78.net pada browser kesukaan anda (IE, firefox atau apa ajalah)

-Isi isian yang diperlukan dan Banzaiiiiii! Anda telah berhasil mengisntall wordpress, selebihnya silakan edit sesuka anda mengenai theme, sidebar dll, dan and bisa memulai posting di weblog baru anda…

-Login ke admin wordpress dengan mengetikan : http://domainanda.net/wp-admin.php

atau mengklik “login” pada menu “Meta” yang ada di sidebar spt dibawah :

38 Comments

  1. kalo upload file blogger gimana caranya?

    setahu saya. blogger sebagimana xxxxxxwordpress.com, tidak ada fasilitas untuk upload, kecuali untuk upload image banner atau upload blogspot theme tamplate (apabila ingin mengganti theme diluar theme yang tersedia, contoh theme gratis/free skin http://freeskins.blogspot.com/). WordPress yang saya kasih tutorial diatas adalah untuk yang berbayar (ngehost sendiri dan punya domain sendiri)
    Btw, Mas Irham, link-nya kok mati…

  2. thanks buat infonya. saya lagi berusaha belajar sekarang

    ok, selamat belajar
    ;)

  3. ko aku uda sampe di upload, gak bisa buka file wp-config-sample.php (ada di folder public_html), gmana ya


    editnya langsung di File manager atau pakai FTP client?
    kalau di File manager, harusnya bisa langsung dengan mengklik “edit” pada file tsb,
    atau kalau pakai FTP client, mungkin hrs dirubah dl chmod-nya, dengan mengklik kanan pada file tsb, trs pilih “File atribute” terus ubah angkanya menjadi 777, atau centang semua pilihan.
    atau coba pakai cara ini :
    decompress wordpress2.6.2.zip di suatu tempat, ambil file “wp-config-sample.php”-nya saja, terus edit pake word editor (notepad misalnya) spt langkah2 di atas, renama menjadi “wp-config.php”, terus upload ke public_html

  4. mau langsung dicoba ah……………. doakan sukses ya ……………… h eh ehe


    monggo mas, sing sukses ae.. :)

  5. Assalamualaikum, Mohon bantuannya mas, setelah install wp, kok alamat domainnya jadi pusdai.com/wordpress, gak bisa pusdai.com aja, bagaimana caranya biar tetap pusdai.com? Anyway, terimakasih panduannya, jazakallah… Terimakasih

    waalaikum salam wrwb.


    itu installnya berarti bukan di root tp di folder : root/wordpress (atau biasanya di public_html/wordpress)
    agar WP-nya terisntall di root, pas ada pertanyaan: mau diinstal dimana?, biarkan kosong (kalau install otomatis) jadi nanti otomatis installnya di root dan domainnya jadi pusdai.com.

    Kalau installnya manual, upload semua file WP (hasil decompress) ke root (biasanya di folder public_html). Selanjutnya ikuti cara2 yg diatas…
    Mudah2an jelas dan semoga bisa membantu…
    Waiyyakum

  6. saya coba lagi mas, semoga berhasil, haturnuhun, jazakallah… o ya, salam kenal ya… lupa blm ta’aruf…

  7. Hatur nuhun atas kunjungannya ke blog saya. Soal instal WP, alhamdulillah, berkah bantuan bapak, sukses, akhirnya…. bisa cek pak, http://www.pusdai.com, sekali lagi makasih banyak, jazakallah….

  8. maksh tas tulisannya,,bnar2 bermanfaat bwt saya,,klo bs perbnyak lg tulisan tentang web,,biar yg bru blajar sperti saya bs cpat berkembang…


    ok sama-sama
    saya coba yang saya bisa insyaAllah

  9. Thx mas…. ngasi tutorialnya jentre pisan alias jelaaaaas bgt. pake gambar segala. buat aku yg Newbie, ini sangat bermanfa’at bgt. Aq baru blajar WP yang di jodohin ama 000webhost. ternyata ribet juga yach. 1x lagi tengkyuuuuu pisan.


    sami-sami, sok sing lancar kadituna mah, tinggal improvisasi

  10. thanks for the info ;)

  11. sy udah coba tapi kok gagal, saat sy coba browser muncul indexof. dan Error establishing a database connection

  12. mohon bantuaanya mas
    thanks sebelumnya

  13. saya sudah mengikuti tutorialnya, tapi ko lom bisa juga? ada keterangan seperti ini di manage MSQL database

    Important: MySQL Host for any database in this account is mysql5.000webhost.com , do not use localhost!

    saya ga bisa basa inggris, tapi klo dilihat apa mungkin yang jadi masalah tulisan do not use localhost!

    tolong ya? jelaskan

  14. kalo saya browser ada keterangan
    index of
    wordpress.

    ini alamat saya

    http://orb7.co.cc/

    saya tunggu jawabannya

  15. mas suwun banguuuuuuuuuueeeeeeeet atau terima kasih banyak aku dah bisa bikin web.

  16. Saya udah sampe upload, tapi selalu gagal. Selalu muncul tulisan kayak gini:

    While trying to retrieve the URL: http://file-manager.000webhost.com/index.php

    The following error was encountered:

    * Zero Sized Reply

    Squid did not receive any data for this request.

    Gimana nih, mohon bantuannya yaaa..
    Terimakasih..

  17. Saya sudah download file wordpress 2.8.5 versi indo, tapi pas diupload pake file manager ko ga bisa,muncul tulisan seperti ini :

    Checking files:
    * File wordpress-2.8.5-id_ID.zip is too big. This file will not be uploaded.

    Transferring files to the FTP server:

    Apa harus satu-satu upload file yg format .PHP nya?
    mohon info & bantuannya,trims

  18. blogwalking..

  19. Mas., mau nanya nie..,,” seblumnya saya udah instal wordpress di webhosting gratis dan sudah jadi websitenya. tp disaat membuka halaman2 yg lain malah kok.. halaman iklan webhosting yg keluar”
    mOhon penjelasan cara mengatasinya..

    yg saya tahu kecuali 000webhost ini yg gak ada iklannya, selain ini semua ada iklannya, namanya juga gratsan mas, cara mengatasinya, pake yg berbayar, dijamin puas;)

  20. mas, saya coba pake cara manual di http://warung-jangkung.co.cc dan berhasil terinstall. tapi sayangnya, tampilan web hanya bisa di buka dengan alamat http://warung-jangkung.co.cc/wordpress

    sedangkan ketika menulis alamat http://warung-jangkung.co.cc malah ada tulisan index off/

    • @Yana: harusnya anda meng-upload file wordpress.zip yang sudah dimodifikasi sedikit.
      ekstrak dulu di kompi lokal trs zip lagi dg software seperti winzip ato winrar, tp jangan dari root direktorinya (dir. wordpress hasil unzip tadi), harusnya di-zip di dalam direktori wordpress itu.
      caranya tekan CTRL + A, klik kanan, klik pada add to archieve (kalo dg winrar), ganti format defaultnya (rar) ke (zip), tunggu sampe beres.
      trs upload ulang deh ke webhost.
      semoga dapat membantu

  21. salam kenal… trima kasih tipsnya Mas.. akhirnya saya bisa onlinekan WP yang selama ini cuma ada di PC doangan hehehe…. mampir2 ya Mas.. baru belajar WP nih… ditunggu kedatangannya n komennya …..

  22. mau nanya mas….begini, semua sih sudah kelar saya install…tp domain saya koq menjadi : http://domainku.co.cc/wordpress , koq begini ya mas….mhon elmu.na ya ms…thanks

  23. yang saya harapkan, menjadi : http://domainku.co.cc doank

  24. tukeran link yak, situs kami juga memakai WP sebagai platform-nya dan ngehost di 000webhost.com

  25. mau nanya..,
    ko tetep ga bisa sih ?
    malahan “404 Not Found”

    trus di webhostnya ada warning
    “Your domain is not yet pointing our server, so services such as FTP, Website Builder or File Manager may not work. You need to update nameservers to ns01.000webhost.com, ns02.000webhost.com for your domain. This warning will be removed once your domain will start resolving to our server (24-48 hours after the nameserver update)”
    itu gimana caranya ?

    thanks ya…

  26. saya newbie..

    numpang nnya. stelah install saya bka domain saya malah keluar :

    Index /

    wordpress

    masalahnya apa bro?

  27. wah,keren bro web-nya,salut-salut2!!!
    Thx buat Informasinya ya…
    btw,boleh nanya bro?gmn cara ningkatin PR ya?bagi2 infonya ya bro.thx

  28. makasih mas. membantu banget buat ane yang newbie nih, jarang tutorial yang detail banget kaya gini…

  29. mas kalo seumpama web yang sudah lama dan sudah terisi file-file content,gemana cara install manual wordpress 3.1.1 nya mas??
    mohon sertakan di tutorial ini..

  30. muantap mas ulasan artikelnya jadi menambah motivasi kerja neh

  31. Cara Buat Website Kamu Klik Mause Kanan Terus Cari Add To Achive… Dan Rename Lau Ada Tanda Seperti Ini Kamu Hapus RAR Atau ZIP Ganti Dengan Nama exe.

    Bisa Gakk…

  32. usefull for newbie gan

  33. hathur nuhun hatur nuhun…
    terima kasih tutorialnya.

  34. sepertinya untuk mengistall wordpress secara manual rada ribet juga ni
    semoga saya bisa sukses mempraktekkannya
    terima kasih atas penjelasannya..

  35. ini yg ane cri

    thanks

  36. http://indonesiationghua.blogspot.com/ indonesia jaya , perbedaan agama,etnis dan konflik

  37. Lmyn ribett gan.. heheee


4 Trackbacks/Pingbacks

  1. [...] Cara install wordpress (manual) [...]

  2. By Menginstall Wordpress Di Hosting | Febri's Blog on 18 Okt 2009 at 10:24 pm

    [...] Puyeng gak tuh pakek bahasa inggris? Tapi ada nih yang pakek bahasa indonesia. Kalau mau baca ya klik aja di sini. Nah beres [...]

  3. By Cara Install WP otomatis « mpincrezt on 26 Apr 2011 at 12:19 pm

    [...] Ok kita langsung… 1. Buat domain dan database yang baru, karena prosesnya sama kita skip (lihat ini) [...]

  4. By Cara Menginstal Wordpres . | Mandahiling . on 27 Des 2011 at 4:11 am

    [...] Cara install wordpress (manual) Berikut ini sedikit tutorial bagaimana cara install wordpress. Tentunya ini ditujukan buat yang baru kenal ama yang ngamanya wordpress (ada gak ya?..he..he.). Buat yang udah pro di bidang per-wordpress-an, info ini nggak penting banget mungkin, jadi dilewat aja..:). Sambil nginget2, saya juga masih dalam tahap belajar soalnya. Ok, langsung aja. [...]

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

